Tidung Island: First Day and Very First Time



0 c o m m e n t s
Juni 2010, jam setengah tujuh pagi kami berenam sudah berada di pantai Marina Ancol, menikmati semesta pagi seiring terbitnya mentari dengan mata terkantuk-kantuk. Oya, tadinya kita bersepuluh sih benernya, tapii berhubung ada teman yang lagi menjalankan tugas negara yang sebenarnya ga bisa ditinggal akhirnya kami merucut jadi 4 (empat) orang *busyeett.. beruntunglah, kami dapat teman baru lagi 2 orang, jadi kami ga begitu-begitu amat kecewanya. Sekarang kami berjumlah total 6 (enam) orang. Brangkaaaadd, cuuss...

hello sunrise....
Jam 7:30 waktu indonesia bagian pantai Marina Ancol, kami berlayar menuju pulau Tidung. Well, itulah kali pertamanya saya naik kapal terlama seumur-umur *noted* Jam 10:30 kami sudah sampai di pulau Tidung. Asyiiik, kami berenam bisa menempati 1 (satu) rumah. *girang *loncat-loncat di kasur :D 

Hari pertama kami pakai buat ngaso-ngaso sebentar, orientasi lingkungan, dan kenalan sama pemilik rumahnya. Dan seperti biasa saya sudah lupa namanya *maafff.. Setelah dzuhur, kami mulai petualangan pertama kami, SNORKLING. Seru banget noraknya, secara itu pertama kalinya saya bersnorkling. Nah, bagaimana dan seperti apa kehebohannya bisa diikuti ceritanya di sini. Ga nyesel kok, palingan cuma mual muntah doang. Hihii...

Kelar snorkling, kami menyempatkan mampir ke pulau Payung Besar. Cihuy, sunbathing dong kita.. sembari ngeringin baju yang basah gegara acara nyelem-nyelem tadi. Di sini, kami sempetin ngobrol-ngobrol sama penduduk setempat sembari menikmati es kelapa muda daaan.. pop mie. Hhehe, teteup ya menu terakhirnya khas backpacker banget.. :D


Next, kami lanjut jalan-jalan menyusur tepi pantai. Eksplorasi pantai Payung Besar. Sepanjang jalan, kami loncat-loncat ga jelas, teriak-teriak ga jelas, dan.. hhehe foto-foto pastinya. Pokoknya di pulau ini kami bener-bener absurd. Etapi, tetep seru kok. Nih, kami taruh foto-foto narsisnya di "Looking for Jack Sparrow" *keren ya, judulnya? *duengg -__-

Oya, saking absurdnya kelompok kami jadi yang paling terakhir balik ke kapal, hha.. Alhasil, semua orang menatap dengan penuh senyum sinis ke kami berenam plus guide *lupa namanya :( Tapi saya tahu pasti, mereka sebenarnya envy to the max, hihii... Salah sendiri kan ya, ga mau ikutan menyusuri pantai *ngeles*

Malemnya, harusnya itennya adalah acara barbeque. Berhubung di antara kami ga tau tempatnya dan ga dijemput-jemput juga sama Danes, guide kami yang satunya lagi, akhirnya saya, mira, ucay, echa, dan bemboy iseng-iseng sepedaan keliling kampung. Pokoknya jalan dan tikungan yang ada di depan mata itulah yang dituju.

***
"Kompas, mana kompas?"

Gegara posisi saya dalam bersepeda adalah paling belakang dan kebetulan naas ga pakai kacamata, eh ujug-ujug saya udah balik lagi ke jalan semula yang mengarah ke homestay. Sementara bemboy dan miroy udah jalan duluan jauh di depan. Ucay dan saya tertinggal di belakang. Degh..

"Loh, ini bukannya jalan balik ke penginapan?" ucay yang ngomong barusan. Hhaha, menyadari kebodohan masing-masing kami cuma ketawa. Meski sempat ketemu dan berpapasan dengan turis Tidung lain, saya merasa gengsi buat nanya *ampuun, udah nyasar masih juga pake gengsi, malem-malem gini lagi :( Jalan satu-satunya yang saya tempuh adalah taraa... saya iseng-iseng beli permen di warung deket-deket kami tapi niat dalam hati mau nanya jalan. Hhehe, itu salah satu tips ampuh saya lho kalo pas kebetulan nyasar. Paling tidak, rasa kemaluan jadi ga kentara dan kami bisa melenggang dengan nyaman dan penuh kedamaian. Hahayy...

malam, sepi di jembatan #puisigagal
Oke, got it kita lanjut jalan lagi. Balik arah, genjot sepeda lagi. Lah, makin jalan ke depan kenapa jadi makin banyak papasan sama banyak orang. "Kita ga salah jalan lagi kan ya?" batin saya meyakinkan diri sendiri. Beberapa kali kami nemui kawanan backpackers yang lagi ngumpul di depan tenda, nyalain api unggun, nyanyi, gegitaran, dan sebagian yang lain bebakaran jagung. Asyik aja liatnya apalagi kalo saya ikutan gabung, wiiiihh... Woi, fokus.. banyak polisi tidur tuh!! *bruk kena timpuk dari belakang

Hawa malam khas pantai menyapa kami. Yups, sepeda kami mengarah ke bibir pantai. Di sana miroy cs udah duduk-duduk santai di atas jembatan yang saya kira tadinya itu dermaga saking gelapnya *uhuyy, kami gelap-gelapan #salahfokus :( Setengah jam akhirnya kami cuma duduk-duduk di pinggir jembatan, ngobrol-ngobrol absurd. Ngitung orang-orang yang melewati kami yang makin lama makin sedikit. Sampai akhirnya, udara dingin menyadarkan kami sudah terlalu lama di pantai. Bergegas kami balik ke penginapan. 

Baru aja nginjak teras penginapan, Danes datang mengajak makan malam. Menikmati barbeque di tepi rawa. Hurayy.. rencananya acara ini buat ajang perkenalan sekaligus nyari jodoh *ehh* sama backpacker lain tapiii.. berhubung si Danes njemputnya kemaleman, at least begitu sampai lokasi, peserta yang lain udah banyak yang balik ke homestay. Agak kecewa sih, siapa tahu kaan.. salah satu di antara sekian yang udah balik itu jodoh saya *uhukk** Tapi di balik iu semua, asyiknya kami dapet jatah ikan cakalang dan cumi-cumi bakar yang gede dan super yummy.. *kraukk :')

cumi bakar ato jagung bakar sama yummy nya... *kraukk :')

Oya, saya ini backpacker yang kerap nyasar. Pokoknya udah ga terhitung lagi sepanjang traveling, entahlah malam itu adalah nyasar saya yang ke berapa kali. Yang pasti, saat balik ke homestay dari lokasi barbeque-an itu, saya lupa arah (lagi). Hhah, kok bisa? Ingatan saya tentang arah memang parah *ngaku duluan daripada diomelin orang sekampung Tidung. Ponsel kehabisan baterai, temen-temen udah pada jalan duluan di depan, dan saya ga tahu no rumah tempat kami nginap. Cakeeb.. alhasil saya belok-belok gang jelas. Untungnya Danes balik arah dan liat saya dari kejauhan. Legaa... ^^

Tapi ketenangan saya terusik (ular kali terusik *ssshhh). Malem itu saya ga dapet kamar buat tidur. Ggrrrh..!! Apa banget ini, saya yang ngangkut mereka dari Jakarta tapi saya sendiri ga dapet tempat tidur. Tiga orang tidur di kamar lantai bawah (tante ocha, tante risma, & si bontot echa), sementara di lantai atas ada ucay & miroy yang tidur sekamar, bemboy yang tidur sendirian daaan...ggrrhh.. ada saya yang tidur di luar kamar berteman nyamuk dan dinginnya lantai. Kurang baek apalagi coba, saya iniiih... *gigit-gigitpintu

voila, my simply bed  :'(

Syukurlah, malem itu saya tetep bisa tidur dengan tenang (dalam arti: ga banyak polah, bukan arti yang lain ya, awaass.. *acungin golok). Yahh, meski harus tidur di lantai (eh pakai kasur ding) yang letaknya persis di samping tangga yang dibatesin, saya tetep bersyukur. Untuuuung aja, saya ga sampe nggelundung ke bawah. Coba aja kalau sampai kejadian, iiish daftar kenaasan dan kemaluan saya bisa bertambah panjang ntar #ehh -__-

Akhirnya hari pertama di pulau Tidung terlewati sudah. Lanjut besok yaa ceritanya :))


xoxo,
excited backpacker

0 c o m m e n t s:

Post a Comment

leave your footprint here and it will be my pleasure :)

newer post older post