Falling Leaves: the true story of an unwanted chinese daughter



0 c o m m e n t s

 Title: Falling Leaves
Author: Adeline Yen Mah


What a Novel !!
I'm sure, u wouldn't wonna put it aside & finish later :))

Yess, it's a true story about a Chinese girl growing up in China before the second World War and her migration to USA. It includes a psychoanalytic approach to writing a novel, in which the author has looked back on her personal & intimate life and recalls some of her worst memories, great memories, and not-so-bad thoughts of her life experiences. 

 *****

Selain pada isi cerita yg mengharu-biru, keistimewaan dari novel ini juga terletak pada settingnya. Jadi, di samping menampilkan latar orientalis yang sangat kental, Adeline juga melukiskan situasi perpolitikan China sejak akhir abad XIX di bawah kekuasaan Dinasti Qing sampai era Deng Xiaoping di akhir abad XX. Walhasil, novel ini memotret 2 sisi; sejarah individu & sejarah sebuah bangsa sekaligus. 
Sadly, beragam peristiwa sejarah tersebut tidak semuanya tersorot secara mendetail, khususnya sejarah pembebasan bangsa China sendiri ketika lepas dari imperialisme asing (Eropa). 

But, out of the plot, it's really an inspiring novel that smart & honest, dan.. tentu saja sangat menyentuh. Alurnya yang padat dituturkan dengan gaya yang ringan, jadi siapa pun ga bakal kesulitan untuk memahami isi ceritanya.

Sekali lagi, buku ini benar-benar menarik untuk dibaca (menurut saya lho..). Kita dapat mengambil hikmah (busyet deh, istilahnya.. jarang-jarang lho saya pake istilah 'hikmah') mengenai keteguhan hati dan perjuangan keras Adeline untuk bertahan hidup dan menggapai impiannya di masa depan.

Tapiii, dengan banyaknya penggunaan kata-kata dan kalimat dalam bahasa Cina, yang mana terjemahannya tersebut bukannya ditulis di bawah (sebagai footnote) melainkan di bagian akhir halaman, mau ga mau membuat saya terpaksa terseok-seok bolak-balik halaman dari tempat yang saya baca ke halaman belakang dimana terjemahannya itu berada. Rempong betuuulll.... -__-

Ya, jadi begitulah kira-kira menurut saya tentang isi buku ini. Saya sendiri baru baca buku ini akhir tahun 2008. Tapi, jangan khawatir, sampai sekarang saya masih inget kok sama ceritanya. Hhehe, perkecualian ya untuk buku-buku bagus, saya ga akan lupa ^^
Berita buruknya, saat ini saya ga tau lagi keberadaan buku itu dimana, entah ketinggalan di rumah sodara atau mungkin secara ga sengaja terjatuh di jalan. Who knows. :'(


*4 stars from 5*

0 c o m m e n t s:

Post a Comment

leave your footprint here and it will be my pleasure :)

newer post older post